Senin, 15 Desember 2008

Sejarah dan Aliran2 kungfu BAJIQUAN/Kungfu 8 Mata Angin.!

1. Aliran yang paling pertama kali yaitu aliran WU, yang di bawa oleh Wu Zhong, aliran ini masih berkembang di RRC dan Jepang. Aliran ini adalah yang disebut aliran pertama dari baji. Sesuai dengan catatan sejarah yang tertinggal, Wu Zhong adalah orang yang diakui memperkenalkan Baji kembali. Pengajar dari Wu Zhong adalah dua orang pengembara bernama Lai dan Bi yang tidak ingin disebutkan namanya. Diduga mereka berdua sebenarnya adalah orang pemerintahan atau buronan politik yang sedang menyembunyikan diri.

Aliran ini saat ini di teruskan dan dipegang oleh Master Wu Lian Zhi. Walaupun bermarga Wu, beliau bukanlah keturunan langsung dari Wu Zhong.
Aliran Wu terutama terpusat di desa Meng, desa asal baji, dan disana didirikan sekolah internasional baji, Khai Men Ba Ji Quan.

2. Aliran suku Muslim di RRC, pada dasarnya mirip dengan aliran Wu tetapi berbeda pada pola jurus2nya, aliran ini lebih tertutup sehingga jalur perkembangannya masih di RRC.

3. Aliran LIE, yang di kembangkan atau di gubah oleh Lie Syo Bun(Lie Shu Wen)-spt pada cerita komik kenji-aliran LIE ini nantinya akan terpecah menjadi 2, yaitu aliran HUO dan LIU.

4. Aliran MO, aliran gurunya Lie Syo Bun - berkembang di he bei, RRC.

5. Aliran HUO, yang di bawa oleh Huo Dien Ge(Kaku den kaku kalo di komik kenji), aliran ini sampai sekarang berkembang di RRC, aliran Huo ini masih mirip dengan aliran MO, karena Huo dien ge alias kaku den kaku adalah murid pertama Lie syo bun, sehingga apa2 yang di pelajari oleh Lie syo bun di turunkan ke Huo-belum ada gubahan apa2.

6.Aliran LIU, yang di bawa oleh Liu Gekkyu/Liu Yun Chiao, aliran ini merupakan aliran yang di sempurnakan oleh Lie Syo Bun(Lie Su wen) di masa tuanya, berbekal dari pengalaman bertarungnya sampai pada hari tua Lie syo bun, maka Lie syo bun membuang "yang tidak perlu" dan menambah/memodif bajiquan sehingga lebih dashyat lagi, contoh kongkret, yaitu jurus phong chui (jurus choso kalo di kenji), jurus ini tidak terdapat pada aliran manapun, karena jurus ini adalah ciri khas dari bajiquan terakhir Lie syo bun yang di turunkan ke Liu Gekkyu/Liu yun Chiao,aliran ini berkembang terutama di Taiwan, dan kemudian di bawa lagi di sebarkan ke jepang, canada, amerika, malaysia,dll.

7. selain aliran2 diatas masih ada lagi beberapa aliran antara laen aliran keluarga king, aliran nan jing yang di bawa Lie gen chi(lie Yuen tse) ke taiwan, dan lain sebagainya.


Kuda kuda dasar Bajiquan

1. Ma pu (standing horse, spt di kenji),
2. Kong pu (kuda2 satu kaki di depan yang lain di belakang),
3.Pu thui (kuda2 bawah),
4.Tu li se (kuda2 satu kaki),
5.Chi se (kuda2 3/4),
6.Chi sing (kuda2 7 bintang),dan
7.Cuo phan (kuda2 jongkok)

Tidak ada komentar: