Minggu, 07 Desember 2008

XING YI CHUAN

XING YI CHUAN (hsing i quan)

Definisi: Xing Yi adalah sebuah Martial Art (MA) yang dapat digunakan dalam real-world environment (bukan di dalam ring/kompetisi). Salah satu pandang sudut bertarung dengan Xing Yi adalah menyerang terus menerus menembus musuh. Jarang berkelit dan mundur tidak diperbolehkan. Xing Yi adalah salah satu dari tiga besar Internal Chinese MA (dua yang lain adalah Bagua dan Taiji).

Karakteristik: Sistem ini berdasarkan berbagai konsep yang sudah ada di kultur Cina ribuan tahun lalu. Semua dasar-dasar Xing Yi boleh dibilang scientific, dan tidak ada hal yang mistik. Sistem ini menggunakan tenaga yang dapat disebut "Internal Power" (tenaga dalam, tapi bukan seperti yang sering digambarkan di film-film silat). Tenaga ini dapat juga disebut "Whole Body Power" atau "Connected Power"

1. Connected Power - Adalah tenaga yang didapat dengan menggunakan postur tubuh yang baik. Dalam setiap gerakan/serangan yang diperbuat, ada beberapa bagian tubuh yang diperhatikan untuk mengerjakan serangan tersebut. Untuk menggunakan "Connected Power", petarung tersebut harus mengerti semua rantaian otot dan tulang dalam tubuh yang dapat digunakan agar serangan tersebut dapat tenaga maksimal.

2. Internal Power - Adalah penggunaan niat untuk menuntun qi/chi. Menurut adat Cina, qi adalah tenaga yang disalurkan melalui saluran-saluran yang disebut "Jing Luo" (coba kalo ke Akupuntur, cari gambar tubuh manusia). Dengan menggunakan Connected Power dan Internal Power, sang petarung akan benar-benar memaksimalkan potensi tenaganya. Harap pembaca jangan mengartikan qi ini sebagai sesuatu yang mystik/supernatural.


Latihan di Xing Yi


1. Meditasi - Banyak gunanya. Pada awal, fokus diberikan untuk melatih mental, dan badan. Meditasi dilatih dengan kuda-kuda San Ti Shi (Kuda-kuda 3 Tenaga). Disini pelajar diperkenalkan dengan dasar-dasar gerakan tubuh dan postur tubuh yang ideal.

2. Pernapasan - Disini pelajar berlatih dengan sistem pernapasan yang khusus.

3. Langkah - Pelajar Xing Yi harus fasih di beberapa formasi langkah. Pelajar berlatih untuk melangkah dengan kecepatan, ketepatan, stabil, balance, dan bertenaga.

4. 5 Elements - Dasar prnsip Xing Yi adalah 5 element dari kultur Cina - Besi, Kayu, Air, Api, dan Tanah. Setiap element memiliki gerakan tersendiri yang menggambarkan element tersebut.

5. Latihan Form - Setelah pelajar diperkenalkan dengan gerakan-gerakan yang berdasarkan 5 element diatas, sang pelajar diharuskan berlatih jurus-jurus tersebut untuk mengaplikasi prinsip-prinsip diatas dengan lancar.

6. Latihan 2 Orang - Setelah sang pelajar fasih untuk menggunakan 5 gerakan diatas, kini dia akan belajar untuk menggunakan tenaga/jurus tersebut terhadap lawan. Awalnya secara kooperatif, lalu dengan bebas. Dasar serangan dan pertahanan dipelajari disini. Postur tubuh akan sangat ditekankan untuk menggunakan CP dan IP.

7. 12 Binatang - Pada tahap atas, Xing Yi juga memiliki set-set lain, yang sering dipanggil 12 binatang. Seluruh 12 set tersebut akan berdasarkan 5 element diatas. Naga, Macan, Monyet, Kuda, Kadal Air, Ayam, Elang, Walet, Ular, Phoenix, dan Gabungan Elang dan Beruang.

8. Dorong Tangan (Push Hands) dan Sparring Bebas - Untuk mengaplikasikan semua yang telah dipelajari, pelajar xingyi juga akan berlatih dalam pertarungan bebas (no rules).

Seperti MA-MA lainnya, Xing Yi pun banyak memiliki master-master zaman lampau.

Master Guo Yun Shen

GYS pada awalnya hanya belajar 1 jurus, 1 gerakan. Beng Quan adalah salah satu dari 5 element Xing Yi. Gurunya menolak mengajarkan lebih jauh karena sifatnya yang pemarah.

GYS pantang menyerah. Dia berlatih 1 jurus tersebut selama 3 tahun. Karena hasil latihannya yang hebat dan wataknya yang keras, GYS membunuh lawan bertarungnya pada saat duel. Dia divonis penjara 3 tahun.

Didalam penjara, GYS di borgol rantai tetapi dia tidak pernah berhenti berlatih Beng Quan. Dentuman langkahnya terdengar siang maupun malam (Jet Li mencopy cerita ini di film The One pas dia dipenjara diawal film - jurusnya pun sama).

Pas GYS keluar penjara, ilmunya lebih tinggi daripada sebelum dia masuk. Wataknya menjadi lebih sabar, dan gurunya pun akhirnya mau melatih dia di sisa 4 element lainnya. Begitu tinggi ilmunya hingga dia merasa 12 binatang tidak diperlukan kalau 5 elements dikuasai sesungguhnya.

San Ti Shi - Fondasi awal Xing Yi

Siapa pun yang belajar Xing Yi, langkah awal pasti selalu dimulai dari San Ti Shi (3 tenaga). Konsentrasi diberikan pada setiap sudut tubuh, baik dari luar (otot) maupun mental. Posisi ini digunakan oleh pelajar Xing Yi untuk bermeditasi mental sekaligus melatih badan agar otot-otot yang diperlukan oleh Xing Yi akan terlatih.

Kepala
Kepala sedikit diangkat, dan dagu di dekatkan di leher. Salah satu 'shortcut' untuk memposisikan kepala dengan tepat adalah untuk menempelkan belakang leher ke kerah baju, dengan dagu ditarik mendekati leher. Mata harus lurus and level kedepan. Lidah di tekuk sedikit keatas menyentuh langit-langit mulut. Tutup mata, dan dengarkan belakangmu untuk membantu mental untuk relax. Lemaskan otot leher, tenangkan pikiran, dan dengarkan belakang.

Badan
Berat badan harus diletakan tepat ditengah (tidak miring ke kiri atau kanan). Lemaskan pundak (kalau pundak yang lemas harusnya sedikit turun) dan lengkukan dada (sedikit concave). Pinggang dan pantat harus lemas, dan ada rasa sedikit turun tenggelam.

Lengan dan Tangan
Lengan harus lemas dengan sedikit melengkung (tidak lurus). Jari sedikit melengkung juga agar tidak tegang. Siku-siku turun, mendekati tulang iga.

Kaki
Dengkul pun tidak lurus. Tidak bengkok sepenuhnya seperti kuda-kuda karate, tetapi mungkin hanya turun 20%. Kaki depan, dengkul depan, tangan depan, dan kepala semuanya harus membuat garis lurus dari atas ke bawah. Berat badan ditaruh lebih ke kaki belakang daripada di kaki depan. Distribusinya sekitar 70% belakang 30% depan.

Keseluruhannya
Lemaskan badan, heningkan pikiran, dan dengarkan belakang.

Waktu latihan
20 menit dengan kaki kiri dibelakang, dan 20 menit dengan kaki kanan didepan. Secara tradisional, pelajar berlatih hanya San Ti Shi saja selama 6 bulan sampai 1 tahun pada awal latihan.

Note: Walau Taiji dan Bagua memiliki kuda-kuda awal yang berbeda, tapi point-point tentang keadaan dalam badan identik (sama persis).

By: wangz i

3 komentar:

Unknown mengatakan...

apakah ada cabang di balikpapan? saya sangat berminat dengan xingyichuan

Unknown mengatakan...

maaf kk apa itu ngak kurang ya kan masih ada melatih qi ke enam arah yang berbeda atas, bawah, depan, belakang, putar ke kanan, sama putar ke kiri.
maaf ya cuma menambahkan

BERMAIN MATEMATIKA YUK....!!! mengatakan...

Wah...ini menarik sekali...ada tempat latihan xingyiquan di probolinggo,sifu?
Salam hormat....